Diet dengan sehat dan menyenangkan

Rabu, 22 Februari 2012


Gaya hidup sehat sudah mulai memasyarakat. Salah satunya adalah untuk menjaga berat badan dengan melakukan diet. Akan tetapi kadangkala banyak orang yang melakukan program diet yang sangat menyiksa. Sehingga bukannya berat badan turun secara normal tapi malah tersiksa di tengah jalan dan menghentikan program dietnya.

Sebenarnya ada beberapa langkah - langkah mudah untuk membuat diet menjadi lebih menyenangkan. Dengan begitu hasil yang dicapai juga lebih maksimal dan tidak akan menganggu produktivitas kita sehari - hari. Yang perlu diingat adalah tetaplah bersikap realistis. Fungsi diet adalah untuk memperbaiki pola makan ke arah yang lebih sehat bukan untuk mengurangi berat badan secara drastis.

Berikut cara - cara mudah untuk membuat proses diet kita menjadi lebih menyenangkan :

1. Minum air putih

Cara termudah untuk mengontrol nafsu makan adalah dengan meminum air sebelum makan. Dengan meminum air tersebut tubuh akan memberikan sinyal pada otak bahwa kita sudah melakukan pengisian makanan. Dengan begitu akan memberi respon kenyang untuk sementara.

Hal tersebut bermanfaat agar kita tidak makan berlebihan. Terutama apabila kita dalam kondisi yang sangat lapar. Kondisi yang sangat lapar bisa memicu kerakusan manusia. Sehingga beberapa teguk air putih sanggup untuk mengontrol nafsu makan tersebut.

2. Lebih menikmati makanan

Berdasarkan penelitian, rata - rata orang yang makan lebih cepat cenderung akan lebih gemuk. Hal itu disebabkan karena jumlah asupan makanan yang masuk akan jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan. Dengan lebih menikmati makanan maka sinyal rasa kenyang ke otak akan lebih cepat sampai. Sehingga kita bisa berhenti makan dan merasa kenyang di waktu yang tepat.

3. Tambahkan makanan sehat

Anda boleh saja makan makanan apapun.Jika anda sedang ditraktir seorang teman dekatdi sebuah restoran ternama, tentu saja akan sangat sayang jika hanya memesan makanan yang biasa. Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan makanan sehat dalam daftar pesanan anda. Misalnya dengan sepiring salad. Dengan begitu komposisi makanan anda akan tetap seimbang.

Perlihatkan makanan sehat anda

Atur makanan anda dalam kulkas. Makanan yang sehat (sayur dan buah) anda letakkan di bagian depan dan tengah kulkas. Sedangkan makanan yang berkalori dan berlemak anda letakkan di bagian belakang kulkas atau bagian yang agak sulit untuk dijangkau. Maksudnya adalah agar anda lebih termotivasi untuk memakan makanan yang lebih sehat.

5. Monitoring menu makanan sehari - hari anda

Tulis kembali makanan apa saja yang sudah anda makan. Dengan begitu anda bisa melihat dan mengoreksi pola makan sehari - hari anda.

0 komentar:

Posting Komentar