Waspadai penyebaran HIV/AIDS

Selasa, 21 Agustus 2012

cara penyebaran hiv/aids

Cara utama penyebaran hiv/ aids adalah melalui transfer cairan. Hal ini berkaitan dengan sasaran utama virus HIV itu sendiri yaitu sel darah putih sebagai unsur penting dalam sistem kekebalan tubuh. virus HIV terdapat pada Darah, air mani, dan cairan vagina. Beberapa sumber ada yang menyebutkan air liur dan air susu ibu sebagai salah satu media penyebaran virus HIV/AIDS tetapi jumlahnya sangat kecil.

cara penyebaran hiv/aids


Beberapa kegiatan yang dapat menyebabkan tertularnya HIV/AIDS antara lain :

  1. Melakukan hubungan badan, sehingga virus hiv/aids yang terdapat dalam air mani maupun cairan vagina dapat masuk ke dalam tubuh.
  2. Tranfusi darah yang tidak aman sehingga virus hiv/aids bisa masuk ke dalam tubuh melalui aliran darah. namun prosedur PMI untuk saat ini sudah sangat memperketat proses donor darah sehingga kecil  kemungkinan tertular lewat cara ini.
  3. Pemakaian narkoba. Pengguna narkoba akan sangat dekat dekat dengan tindakan maksiat lain seperti seks bebas, mabuk - mabukan, dan lain - lain. Selain itu beberapa pengguna narkoba akan melakukan tindakan bertukar jarum suntik sehingga memudahkan penularan virus hiv/aids.

cara penyebaran hiv/aids


Lihat Juga :

0 komentar:

Posting Komentar